Inilah 5 Jenis Olahraga Kardio Yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Tidak Suka Berlari

26 Mei

olahraga kardio

Inilah 5 jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan ketika kamu tidak suka berlari! Terkadang, seseorang yang ingin melakukan latihan kardio harus pandai berlari, bersepeda dan lain sebagainya. Tapi, bagi kamu yang tidak menyukai kegiatan tersebut bisa melakukan jenis latihan baru yang sama-sama menunjukan atau masih bagian dari latihan gerakan kardio.

Berikut ini merupakan 5 jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan sekaligus pengganti latihan melakukan gerakan lari. Kamu bisa melakukan berbagai macam gerakan berikut dan pastinya masih memberikan efek yang sama seperti kamu sedang berlari.

Daftar 5 Jenis Olahraga Kardio Pengganti Lari

Lompat

Melakukan olahraga kardio bisa kamu lakukan dengan gerakan melompat di halaman depan rumahmu saja tanpa harus berlari mengelilingi taman kota yang selalu dipadati orang lain. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan mudah sampai mengeluarkan keringat agar efek setelah melakukan gerakan ini bisa kamu rasakan dengan baik.

Cara melakukan gerakan jenis olahraga kardio ini cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu melebarkan kaki hingga selebar bahu, lalu merentangkan tangan di samping dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian kamu bisa mulai melompat sambil menyilangkan tangan serta kaki masing-masing satu set saja, sehingga kamu harus melakukannya sebanyak 25 set agar tubuh terasa segar setelahnya.

Naik Turun Tangga

Latihan melakukan gerakan kardio tanpa berlari selanjutnya adalah kamu bisa melakukan gerakan naik turun tangga agar paru-paru tetap sehat dan terjaga. Meskipun sederhana, tapi kamu akan merasakan otot-otot tubuh bagian bawah menjadi lebih kuat seakan kamu sudah melakukan gerakan lari saja.

Untuk bisa melakukan jenis olahraga kardio ini, maka kamu harus mencari terlebih dahulu tangga dengan ketinggian sedang alias tidak terlalu tinggi dan pendek. Lakukan gerakan mendaki cepat, melompati satu anak tangga serta melompat dengan cara menyamping selama tiga kali set. Lebih bagusnya lagi jika kamu melakukannya di rumah jika rumahmu memiliki tingkat dua agar tidak terlalu menjadi pusat perhatian orang-orang.

Burpees

Olahraga burpees dapat meningkatkan sistem kerja jantung dan baik untuk kesehatan, terutama para wanita. Melakukan gerakan burpees cukup mudah, kamu hanya perlu berdiri dan menempatkan posisi kaki menjadi selebar bahu serta merentangkan kedua tangan ke depan. Lalu lontarkan saja tubuh kamu setinggi mungkin sambil menarik napas dan mendarat dengan posisi tubuh menjadi setengah jongkok, sehingga mampu mendorong kaki ke belakang menjadi posisi plank.

Setelah melakukan gerakan jenis olahraga kardio tersebut, kamu bisa melakukan gerakan pushup sebanyak satu kali saja dan kembalilah melakukan posisi sebelumnya selama berkali-kali hingga mencapai 20 kali repetisi burpees.

Berenang

Berenang merupakan olahraga yang hampir menggerakan seluruh tubuh untuk melatih sistem pernapasan, menguatkan otot serta membuat tulang terasa padat dan baik. kamu bisa melakukan berbagai macam gaya saat berenang yang penting seluruh tubuh bisa bergerak sesuai yang kamu suka.

Skaters

Jenis olahraga kardio ini banyak disukai karena selain terlihat keren, kamu juga bisa melatih kekuatan otot kaki dalam menumpu berat badan yang dimiliki. Lakukan gerakan yang kamu bisa dengan cara bergantian selama 1 menit atau kurang.

Itulah beberapa jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan secara berurutan atau bergantian tergantung kepada keinginan kamu dalam melakukan gerakannya. Dengan melakukan kegiatan tersebut secara rutin, pastinya kamu bisa mendapatkan otot yang kuat walau tanpa berlari sekali pun.